Saat Starter NMax Ngadat, Begini Solusinya


Perasaan bingung bercampur kesal pastinya pernah dialami pengguna skutik. Bagaimana tidak, saat akan beraktivitas tiba-tiba skutik kesayangan ngadat, tombol electric starter tidak berfungsi meskipun tombol electric starter telah dipijit beberapa kali tidak memberikan respons. Di sisi lain, indikator engine check di panel speedometer tidak menunjukkan masalah pada bagian sistem injeksi, begitu juga dengan sistem kelistrikannya.
Tombol starter elektrik bermasalah kerap dijumpai pada skutik, moped, dan bahkan pada motor sport. Penyebabnya beragam, dari mulai dinamo starter kotor hingga standar samping motor kotor atau macet (untuk motor yang menggunakan teknologi side stand switch atau saklar on off di standar samping). Standar samping yang kotor mengakibatkan saklar tidak mampu menutup dengan sempurna, efeknya meskipun standar dalam posisi dilipat, motor tetap tidak bisa hidup.
Rasa panik biasanya akan bertambah, saat skutik yang dipakai ternyata tidak memiliki kick starter alias engkol seperti Yamaha Nmax. Lalu, apa sih yang menjadi penyebab tombol electric starter susah distarter? 
Masalahnya ternyata sepele yakni ada kotoran atau kerak pada bagian tombol electric starter sehingga tidak dapat mengalirkan arus listrik ke bagian relay starter untuk memutar motor starter. Kotoran menyelinap masuk menghalangi arus listrik pada switch, imbasnya motor tidak bisa dinyalakan. 
Berikut ini langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi tombol electric starter yang bermasalah:
  1. Siapkan obeng, kunci L3, dan ampelas. Peralatan tersebut adalah bawaan dari motor dan biasanya disimpan di bawah jok.
  2. Lepas baut bagian switch dengan menggunakan obeng plus. Selanjutnya lepas pengunci tali gas dengan menggunakan kunci L3. Setelah terlepas, langkah selanjutnya yakni melepas switch dari rumahnya. Langkah ini dilakukan agar kita dapat dengan leluasa untuk membersihkan kotoran pada bagian switch.
  3. Lepas bagian spring alias per yang ada pada switch. Dengan terlepasnya per maka kita bisa melihat kondisi konektor berupa besi bulat mungil dalam kondisi kotor atau berkarat.
  4. Bersihkan bagian konektor yang berkarat. Cara membersihkannya cukup mudah dan tidak perlu keterampilan khusus. Membersihkannya cukup dengan menggunakan ampelas halus. Bersihkan besi pengantar arus hingga benar-benar terbebas dari kotoran maupun kerak. Setelah proses pembersihan pada bagian konektor ini telah selesai, pasang kembali ke tempat semula.
Selain cara di atas, Anda pun dapat melakukan upaya lainnya jika penyebabnya bukan karena konektor pada electric starter yang kotor. Caranya adalah posisikan motor dalam posisi menggunakan standar tengah. Lalu, turunkan motor dengan cepat, putar kunci kontak ke posisi On, tunggu hingga indikator engine check selesai dan langsung pencet tombol electric starter. 
Jika upaya tersebut tidak berhasil, Anda dapat menekan tombol 'Reset' di sebelah panel digital. Untuk melakukan langkah ini, Anda tidak perlu memutar kunci kontak ke posisi "On/Off". Anda dapat langsung pencet tombol electric starter setelah proses reset di panel digital selesai. 
Langkah tersebut diulang hingga skutik kesayangan Anda itu bisa kembali menyala. Jika masih tidak menyala, kemungkinan akinya telah soak dan tidak ada cara lain selain dibawa ke bengkel langganan Anda. 
Previous Post
Next Post