Cara Memperbaiki Aki Kering Tidak Menyimpan Daya

Cara memperbaiki Aki Kering Motor Rusak Akibat Soak – Baterai atau Aki kering merupakan salah satu bentuk pengembangan dari aki basah yang penggunaannya semakin populer. Secara fisik, perbedaannya dengan aki basah dapat dilihat melalui wadahnya yang berwarna gelap atau tak transparan. Selain itu, aki kering juga tak memiliki lubang-lubang untuk mengisi air aki. Sebagai pengganti cairan elektrolit, cairan yang terdapat di dalamnya berwujud gel. Tingkat penguapan gel ini sangat minim karena saat menguap, uap tersebut tak dibuang keluar. Hal ini membuat volumenya tetap terjaga. Dengan demikian, aki jenis ini tak membutuhkan perawatan khusus.

Komponen Aki sangat vital pada sebuah kendaraan karena fungsinya adalah mengatur pengapian pada sepeda motor, Terutama pada saat starter dan menyalakan lampu. Nah bagaimana rasanya ketika Aki kering motor anda mengalami kerusakan yang menimbulkan soak dan berakibat Aki motor anda tidak bisa menyimpan pengapian dengan sempurna. Kalau hal ini terjadi pasti setiap anda ingin menyalakan mesin motor menggunakan engkol, Selain itu pada sistem penerangan lampu juga berpengaruh dan nyalah lampu motor anda akan memudar dari biasanya. Baiklah jika anda pernah menemukan masalah pada aki kering di sepeda motor anda, jangan bingung dulu mungkin solusi dari oto86 dapat mengatasi masalah Aki kering motor anda yang sudah rusak akibat soak. Simak ulasannya dibawah ini.
Peralatan Yang dibutuhkan :

Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Rusak Akibat Soak

Langkah pertama tentunya melepaskan atau memutuskan hubungan arus Aki kering yang terhubung dengan motor. Lepaskan kedua kabel dari kepala Aki kering motor, Kemudian keluarkan Aki kering dari bok motor anda.
Langkah kedua silahkan buka tutup Aki kering serta penutup karetnya. Kemudian masukkan accu zuur kedalam lubang Aki kering menggunakan suntikan, Dan pastikan volume pengisian accu zuur diatas ” over” atau batas atas lebih kurang 1cm.
Langkah ketiga kalau semua lubang pada Aki kering sudah terisi dengan accu zuur silahkan tutup kembali lubang Aki kering tadi dengan penutupnya secara rapat. Kemudian silahkan pasangkan kembali Aki kering ke motor anda serta hubungkan kembali kepala Aki kering dengan motor, Pastikan anda sudah mengingat positif dan negatifnya pada kabel yang ada pada sepeda motor. Pemasangan hubungan arus kabel di kepala Aki kering harus dengan rapat, Kalau tidak rapat akan memicu pengapian pada motor anda tidak berjalan dengan normal serta Aki kering motor anda akan lebih mudah soak
Langkah terakhir adalah coba nyalahkan mesin motor anda dengan menarik handel gas kira-kira setengah. Hal ini agar Aki kering motor anda mulai mengisi daya. Jika hanya di nyalahkan dan tidak di gas maka tidak bakal ngisi tuh Aki kering.
Catatan : Jika langkah ini tidak membuahkan hasil, maka sebaiknya anda ganti Aki kering motor anda, Mungkin sudah waktunya untuk mengganti Aki kering motor anda.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Terima kasih telah membaca jangan lupa share dan tinggalkan komentar