Cara Mudah Setting Idling Motor Injeksi , Setting sendiri dirumah BISA!


Punya motor injeksi? kalau punya kira kira sudah ngerti belum cara seting rpm idlingnya? niah kalau ada yang belum ngerti nih bagaimana cara seting rpm-nya, monggo disimak sedikit tips ringan berikut ini karena  hal ini bisa dilakukan setiap pemilik motor injeksi, pasalnya caranya mudah banget kok…
Seting rpm idling tentunya diharapkan bisa mempertahankan rpm mesin supaya bisa langsam meski handel gas tidak di tarik, setingan idling juga berpengaruh besar pada sistem pengisian battery motor, setingan yang terlalu kecil membuat sistem pengisian kurang maksimal, kebalikannya setingan yang terlalu besar, akan memicu konsumsi BBM yang lebih banyak (boros).
Gimana cara seting rpm idling motor injeksi ❓ kali ini kita gunakan media motor injeksi baru Yamaha, motor matic Yamaha Mio M3 125 menjadi praktek setel idling motor injeksi kita kali ini. Hal yang harus disiapkan dalam seting idling kali ini adalah, obeng (+) untuk membuka cover penutup throttle body, obeng (-) panjang untuk seting baypass screw (baut penyetel).
▪ Langkah pertama hidupkan mesin sampai suhu kerja mesin tercapai, ± 72° c

▪ Penyetelan dilakukan dengan memutar bypass screw (BS) yang ada di throttle body, penyetelan bisa menggunakan obeng (-) atau bisa juga menggunakan tangan kosong! sperti dibawah ini…. ➡

Putar baypass screw ke arah kanan dan kiri untuk mengatur rpm idling, dengan catatan jika diputar searah jarum jam (arah kanan), posisi screw akan semakin masuk, imbasnya rpm akan turun. Sedangkan jika diputar berlawanan jarum jam (arah kiri) rpm mesin akan naik, pasalnya screw semakin membuka lubang udara di throttle.

Rpm standart ± 1500-1700 rpm, pastikan idling ada di range tersebut…tunggu 10 detik setelah di setel, setelah itu cek rmp kembali dengan tachometer jika ada 
kebanyakan penyetelan rpm idling motor injeksi sama persis dengan cara yang ada di atas, namun ada juga motor yang tidak menggunakan penyetel manual, dimana rpm idlingnya dikontrol langsung oleh Engine Control Unit (ECU) dengan memanfaatkan komponen Idling Speed Control (ISC). 
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Terima kasih telah membaca jangan lupa share dan tinggalkan komentar